Tutorial Reset Printer Epson L120 dengan Mudah

hai Kawan jumpa lagi dengan saya dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang Cara Reset printer Epson l120 dengan mudah, Printer epson yang blinking atau lampu indikator berkedip-kedip Orange tentunya membuat para penggunanya jengkel apalagi ketika ada banyak kerjaan tau tugas yang harus di cetak bagi sebagian pengguna Pasti untuk anda yang menggunakan printer sudah tidak asing lagi. Indikator berkedip pada printer adalah pesan atau kode untuk user atau pengguna printer pada pada printer tersebut terjadi masalah, atau error. 

Penyebab lampu blinking ini banyak penyebabnya misalnya karena  ada paper jam, hitungan sampah tinta sudah penuh ( waste ink pad counter ) atau juga minta reset ink ( ink level ). untuk blinking karena minta reset ink atau karena waste ink pad conuter mencapai batas maksimal, maka cara mengatasinya kita fokus ke bagian software Untuk pembahasan pada postingan ini adalah bagaimana cara mengatasi blinking atau lampu berkedip karena tinta minta reset ( ink level ) atau waste ink pad counter sudah mencapai maksimal khususnya printer Epson L120. 

Untuk reset ink level merupakan cara sangat mudah yaitu  dengan direset secara manual atu baca sampai selesai. Kondisi ini biasanya ditandai dengan menyalanya lampu indikator tinta ( menyala diam ) dan printer tidak bisa melakukan proses print. Untuk cara mengatasinya adalah sebagai berikut. 

  1. Ketika Printer Dalam Kodisi Mati/Of Kemudian Nayalakan printer  Epson l120 Tekan tombol resume sekitar 5-10 detik kemudian lepaskan Setelah tombol dilepas pada tahap 2 biasanya indikator tinta yang menyala akan langsung hilang dan printer siap digunakan. Jika setelah tahap ini  lampu indikator tinta masih menyala Orange , coba tekan lagi selama 5 detik kemudian lepas, tekan lagi 3 detik.
  2. lepas setelah itu tekan lagi 1 detik.. Interval dari tekanan 1 ke tekanan berikutnya harus cepat. Setelah tahap ini biasanya printer sudah bisa digunakan kembali. 
  3. Untuk blinking yang disebabkan karena waste ink pad yang sudah mencapai maksimal, penyelesaiannya adalah dengan menggunakan bantuan tolls adjustment yang khusus sesuai dengan model printernya. 
  4. Kemudian Lihat lampu indikator tinta dan kertas yang menyala bergantian sejak printer mulai dinyalakan. Selain itu biasanya muncul pesan pada komputer yang tehubung ke printer misalnya service required . Untuk cara meresetnya,silahkan ikuti langkah berikut ini.




    • Silahkan anda Download terlebih dahulu adjustment prgramnya  Setelah Diunduh silahakan extrak terlebih dahulu.  Run Administrator atau dobel klik file L210.exe dan akan muncul programnya seperti di bawah ini. Kemudian pilih menu particular adjustment mode.
      Reset Epson l120
    • Nanti akan muncul menu berikutnya, jadi kita langsung saja pilih menu waste ink pad counter.
    • Pada menu waste ink pad counter, akan ada dua pilihan yaitu check dan initialized. pilihan cek adalah untuk mengecek nilai dari counter waste ink pad-nya apakah sudah mencapai maksimal atau belum. Sedangkah pilihan initialize adalah mereset nilai waste ink pad counter menjadi nol. Sebelum memilih initilize atau check, jangan lupa centang dulu main pad counter nya. Untuk lebih jelasnya bisa diperhatikan pada gambar di bawah ini.
      Reset Epson l120
    • Jika di Taskbar muncul pesan po up langsung di klik OK saja atau diamkan saja. Setelah itu matikan printernya. Langkah terakhir hidupkan kembali printer dan perhatikan apakah blinking masih ada..? 

    • Jika blinking nya adalah blinking karena waste ink full yang ditandai dengan bekedipnya lampu indikator Kuning dan Orange secara bergantian, maka pada tahap ini seharusnya printer akan menjadi normal kembali dan siap untuk digunakan.

    0 Response to "Tutorial Reset Printer Epson L120 dengan Mudah"

    Posting Komentar

    Iklan

    Iklan