Jenis dan Bahaya Virus Komputer di Windows, Tutorial Komputer

Seputar IT - Berbicara masalah virus Komputer tentunya para pengguna Khususnya Windows pasti akan sedikit agak risih, bagi saya sendiri Virus Komputer bukanlah masalah besar karena mungkin saya sedikit agak mengerti dan jika komputer ada tanda-tanda virus langsung saya Install Ulang tanpa Fikir 2 kali, Virus komputer bisa diartikan sebagai program komputer biasa. Perbedaan mendasar dengan program lainnya adalah virus dibuat untuk menulari program lainnya, mengubah, memanipulasi, bahkan merusak. Namun pada kenyataannya virus Komputer dibuat untuk keuntungan Kelompok atau Orang tertentu.

Virus Komputer adalah program / aplikasi yang dapat menggandakan dirinya sendiri dan menyebar dengan cara  menyisipkan dirinya pada program dan data lainnya . biasanya user tidak mengetahui jika komputer yang di milikinya terjangkit virus sampai salah satu data hilang atau program yang ada pada komputer tidak bisa di jalankan dan kebanyakan virus akan membuat Komputer atau PC kita Lambat bahkan Ngelag.Mempercepat Kinerja Windows yang Mulai Lambat

Bahaya dan Jenis Virus Komputer

  • Jenis Virus Komputer
1. Virus makro

Jenis virus ini ditulis dengan bahasa pemrograman suatu aplikasi, bukan dengan bahasa pemrograman dari suatu system operasi. Virus ini dapat berjalan jika aplikasi pembentuknya dapat berjalan dengan baik. Sebagai contoh, jika pada komputer MAC dijalankan aplikasi Word, virus makro yang dibuat dari bahasa makro word dapat berjalan pada computer pada system operasi mac ini.

Contoh :

  • Varian W97, panjang 1234 bytes, akan menginfeksi NORMAL.DOT dan menginfeksi dokumen ketika dibuka.
2. Virus Boot Sector

Virus boot sector ini sangat umum sekali menyebar. Saat menggandakan dirinya, virus ini akan memindahkan atau menggantikan boot sector asli dengan program booting virus. Jadi, saat terjadi booting, virus akan di load ke memori. Virus akan mempunyai kemampuan mengendalikan hardware standard (contoh, monitor, printer, dsb). Dari memori ini pula virus akan menyebar ke seluruh drive yang ada dan yang terhubung ke computer, misalnya flash disk, disket, dan drive lainnya.

3. Stealth Virus

Virus ini akan menguasai table interrupt pada DOS. Virus ini berkemampuan mengendalikan intruksi level DOS dan biasanya mereka tersembunyi sesuai nama, baik secara penuh maupun ukuran.

4. Polymorphic Virus

Virus ini dirancang untuk mengecoh program antivirus. Virus ini selalu berusaha agar tidak dikenali oleh anti virus dengan cara selalu mengubah srukturnya setiap kali selesai menginfeksi file/program lain.

5. Virus file / program

Virus ini menginfeksi file yang dapat dieksekusi langsung dari system operasi, baik itu file *.EXE maupun *.COM. Biasanya, hasil infeksi virus ini dapat diketahui dengan berubahnya ukuran file yang diserangnya.

6. Multipartition Virus

Virus ini merupakan gabungan virus boot sector dan virus file. Pekerjaan yang dilakukan berakibat ganda, yaitu menginfeksi file *.EXE atau *.COM dan juga menginfeksi boot sector.

itulah jenis dan bahaya virus komputer di Windows versi Seputar IT, Semoga Bermanfaat.

2 Responses to "Jenis dan Bahaya Virus Komputer di Windows, Tutorial Komputer"

Iklan

Iklan