Cara Unlock Bootloader, Root dan Install TWRP Xiaomi Redmi 6A

Seputar IT - Cara Root Xiaomi Redmi 6A – Rooting atau proeses root sering digunakan kebanyakan pengguna smartphone untuk mendapatkan akses lebih dari smartphonenya. Untuk melakukan proses root bisa dibilang cukup mudah, sobat dapat melakukannya sendiri menggunakan PC ataupun tanpa menggunakan PC. Pada kali ini Agantutorial akan memberikan tutorial bagaimana cara root smartphone  xiaomi redmi 6A untuk lebih jelasnya langsung saja baca artikel ini sampai selesai.jika pada artikel sebelumnya yang kita bahas adalah mengenai cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 5a dan cara Flash Xiaomi Redmi note 5a.
How to Root Xiaomi Redmi 6a
Xiaomi Redmi 6A sendiri merupakan seri terbaru yang diperkenalkan Xiaomi pada pertengahan bulan juni 2018.  Redmi 6A memiliki layar IPS LCD dengan Rasio 18:9 dan memiliki resulusi HD + atau 720 x 1440 pixel, dengan lebar layar sebesar 5,45 inci. Ponsel ini berjalan pada MIUI 9 dengan basis Android 8.1 Oreo.

Dibekali dengan prosesor Mediatek Helio A22 Quadcore 2.0 GHz Cortex-A53. Berbeda dengan Redmi 6, Redmi 6A Hanya memiliki 1 varian saja yakni RAM 2GB dan ROM 16GB. Redmi 6A juga dibekali dengan kamera belakang 13MP dan kamera depan 5MP dengan bukaan f/2.2.  dan untuk kapasitas baterai sebesar 3000mAh.

Cara Install TWRP di Xiaomi Redmi 6A
Sebelum melakukan install TWRP, sobat wajib melakukan unlock bootloader terlebih dahulu pada  smartphone sobat. Untuk caranya silahkan sobat baca artikel Cara Mudah Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 6A berikut, silahkan ikuti langkah-langkahnya. Sebab TWRP tidak dapat pasang jika bootloader belum di unlock.
Catatan : Semua Resiko ditanggung Sendiri, admin tidak bertanggungjawab apabila terjadi kerusakan baik software ataupun hardware, baik itu soft Brick ataupun hard Brick
  1. TWRP Redmi 6A (file saat ini belum tersedia, akan segera diupdate)
  2. SuperSU https://bit.ly/2Q7SKBn
  3. Noverity https://bit.ly/2MWuEff

Aktifkan USB Debugging di Redmi 6A
  1. Buka menu Settings kemudian pilih About Device atau Tentang Ponsel
  2. Setelah itu cari MIUI Version kemudian tekan sebanyak 7 kali sampai muncul notifikasi menandakan Developer Mode aktif
  3. Kembali ke menu Settings lalu pilih Additional Settings lalu pilih Developer Mode.
    Root Xiaomi Redmi 6a
  4. Ceklist atau centang USB Debugging Mode
  5. Ekstrak file TWRP lalu copy file twrp-whyred.img (TWRP Redmi 6A) ke folder instalan aplikasi Minimal ADB Fastboot secara default terletak di C:\Program Files\Minimal ADB and Fastboot. Kemudian copy file Noverity.zip dan Magisk atau SuperSU kedalam USB OTG atau Sdcard sobat.
  6. Reboot smartphone Redmi 6A sobat untuk masuk ke mode Fastboot (Tahan Volume bawah + power).
  7. ketika berada di mode fastboot, koneksikan atau sambungkan ponsel dengan PC atau laptop.
  8. Selanjutnya install TWRP dengan membuka aplikasi Minimal ADB Fastboot lalu ketikkan perintah “fastboot flash recovery twrp-redmi6.img” pada jendela command prompt.
  9. Kemudian reboot redmi 6 dengan menggunakan perintah “ fastboot boot recovery twrp-redmi6.img”
  10. Selesai, TWRP sudah terpasang pada smartphone sobat. Dan untuk proses root silahkan ikuti langkah dibawah ini.

Cara Mudah Root Xiaomi Redmi 6A via TWRP Recovery
  1. Saat akan masuk ke mode TWRP untuk pertama kali, biasanya akan meminta password, silahkan sobat pilih cancel saja.
  2. Setelah itu TWRP akan meminta permission atau ijin untuk memodifikasi system, silahkan sobat swipe layar redmi 6A sobat.
  3. Setelah itu silahkan pilih menu “install”, kemudian pilih “Select Storage” dan pilih Memori SD Card atau bisa juga USB OTG jika sobat ingin menggunakan USB OTG.
    USB OTG | Root Xiaomi Redmi 6a
  4. Selanjutnya pilih File Noverity yang sudah di copy tadi, tunggu proses hingga selesai. Lalu kembali ke menu awal TWRP lalu pilih Reboot > Recovery.
  5. Setelah smartphone reboot dan kembali ke mode TWRP, silahkan masuk  ke menu install untuk mengecek apakah memori internal masih 0 atau tidak. Jika masih silahkan sobat Wipe > data untuk menghapus semua data sehingga memori dapat digunakan.
  6. Kemudian jika sudah, silahkan pilih Install kemudian pilih file Magisk atau SuperSU tergantung sobat tadi menggunakan file yang mana.

Setelah proses selesai, maka smartphone Redmi 6A akan muncul perintah untuk restart, silahkan sobat pilih restart untuk merestart smartphone sobat. Jika sobat malah mengalami bootlop, silahkan sobat masuk lagi ke mode TWRP dan Wipe data sekali lagi lalu install ulang file Noverity dan Magisk / SuperSU sekali lagi. Namun jika masih gagal silahkan sobat baca artikel Cara Flash Xiaomi Redmi 6A untuk mengembalikan smartphone sobat seperti semula. dan jika mengalami kendala Silahkan diskusikan lewat kolom komentar.

0 Response to "Cara Unlock Bootloader, Root dan Install TWRP Xiaomi Redmi 6A "

Posting Komentar

Iklan

Iklan